Sekda Resmikan Kantor Cabang PT. Bank KB Bukopin Syariah

oleh -3 views
Sekda Resmikan Kantor Cabang PT. Bank KB Bukopin Syariah

BANDA ACEH – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, dr. Taqwallah, atas nama Gubernur Aceh, meresmikan Kantor Cabang PT. Bank KB Bukopin Syariah (KBBS), di Banda Aceh, Kamis 25/11/2021. Prosesi peresmian dilakukan juga oleh Direktur Utama KBBS, Dery Januar dan Komisaris Utama, Mustafa Abu Bakar.

Taqwallah berharap, kehadiran Bank KB Bukopin Syariah, bisa tampil sebagai salah satu bank terbaik di tingkat nasional dan di Aceh, serta mampu berbuat lebih maksimal dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Aceh. “Kami mengharapkan Bank Bukopin ambil bagian membantu Pemerintah Aceh dalam membangun perekonomian syariah di Aceh. Semoga Bukopin bisa menyemarakkan geliat ekonomi di Aceh,” ujar Sekda.

Lebih lanjut Sekda memberikan apresiasi kepada Bukopin yang telah menghadirkan unit usaha syariah di Aceh. Kehadiran Bukopin Syariah menjadi bukti bahwa perbankan telah memberikan dukungannya dalam memperkuat implementasi syariat Islam di Aceh, utamanya pada bidang ekonomi.

Direktur Utama KBBS, Dery Januar, mengatakan, pembukaan kantor cabang Bank KB Bukopin Syariah Banda Aceh sebagai salah satu bentuk dukungan dalam mengembangkan keuangan syariah di Provinsi Aceh dan sejalan dengan Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah.

“Kantor Cabang menyediakan berbagai layanan perbankan yang merupakan bagian dan komitmen KBBS untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada seluruh nasabah,” kata Dery.

Dery menyebutkan, saat ini KBBS didukung oleh jaringan kantor sebanyak 24 outlet, enam mobil layanan kas, 122 kantor layanan syariah, dan 901 jaringan ATM yang meliputi ATM Bank KB Bukopin Syariah dan ATM Bank KB Bukopin.

Dery menjelaskan Bank KB Bukopin Syariah, menawarkan beberapa layanan produk kepada masyarakat, antara lain produk pendanaan yaitu Tabungan iB SiAga, Tabungan iB Rencana, Tabungan iB SiAga Bisnis, Tabungan iB SiAga Rencana Umrah, Tabungan SimPel iB, dan Tabungan iB Haji . Sementara untuk layanan pembiayaan ada beberapa segmen yang ditawarkan, antara lain pendidikan dan kesehatan.

“Yang tidak kalah penting yang sedang digebyarkan yaitu KPR iB Asri yang merupakan fasilitas pembiayaan bagi kaum milenial yang ingin membeli rumah dengan jangka waktu hingga 25 Tahun proses cepat dan mudah,” ujar Dery.

Dery melanjutkan, untuk Produk jasa (service) lainnya yang ditawarkan antara lain Kartu ATM SiAga, SMS Banking, BISA Mobile, Transfer, Kliring, Inkaso, Bank Garansi, Cash Management, SPP Online, PPOB, dan Wakaf Uang, di mana pelayanan sudah melalui online sistem.

Khusus layanan cash management, KBBS akan memberikan layanan perbankan elektronik yang memudahkan nasabah dalam melakukan akses inquiry saldo dan transaksi secara real time On-Line. Layanan ini dilakukan melalui terminal komputer dari lokasi usaha masing-masing sehingga pengelolaan keuangan menjadi lebih efektif, efisien dan tersentralisasi.

Dery berharap dengan dibukanya kantor KB Bukopin Syariah, bisa terus meningkatkan pencapaian target sesuai rencana bisnis yang telah ditetapkan dengan mempertimbangkan potensi, risk management, dan asas-asas prudential banking.

“Kami sudah melakukan penetrasi lebih dalam terhadap market. Untuk produk dana murah kami targetkan tumbuh sekitar 20%, kami coba pertahankan di kisaran itu,” kata Dery.

Sementara itu, Komisaris Utama PT. Bank KB Bukopin Syariah, Mustafa Abu Bakar, berterimakasih kepada Pemerintah Aceh, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI), atas dukungan yang sangat besar kepada KB Bank Bukopin. “Saya menitipkan kepada pak Gubernur, OJK dan BI, agar bagaimana unit usaha kami ini, dapat dibina. Tolong awasi unit usaha kami di sini,” kata dia.

Mustafa berpesan agar manajemen PT. Bank Bukopin Syariah, maksimalkan pengabdian dan pengembangan usaha di Aceh dengan sebaik-baiknya. “Ingat, perbankan kita sudah syariah. Kita bank syariah dan berbakti di bumi syariah.”

Ia juga berpesan agar manajemen bisa memberikan performa terbaik bahkan harus lebih baik dari daerah lain. Apalagi KB Bukopin Syariah Aceh adalah kantor cabang Bukopin Syariah terbesar di Indonesia. SDM di Aceh pun menjadi yang terbanyak se-Indonesia. Karena itu, layanan uang diberikan haruslah yang terbaik. []

Sumber: Humas Aceh