Daerah  

Di Sela-sela Muskomwil I Apeksi, Wali Kota Dumai Studi Tiru MPP

Di Sela-sela Muskomwil I Apeksi, Wali Kota Dumai Studi Tiru MPP

Banda Aceh – Wali Kota Dumai Paisal, S.KM, MARS, beserta rombongan berkunjung ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Banda Aceh yang terletak di lantai III Pasar Aceh di sela-sela kunjungannya mengikuti Muskomwil I APEKSI, Senin (23/11/2021).

Kunjungan rombongan Wali Kota Dumai disambut oleh Jajaran Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banda Aceh sebagai pengelola pelayanan yang tersedia di MPP.

Dalam kunjungannya, Wali Kota dan rombongan langsung berkeliling menuju dan melihat secara langsung satu demi satu counter layanan instansi-instansi MPP seperti Counter Imigrasi, Kejaksaan Negeri, Samsat, Kemenag, BPJS Kesehatan, Disdukcapil dan secara interaktif bertanya langsung kepada petugas pelayanan masing-masing instansi tersebut. Wali Kota juga memerintahkan kepada tim nya untuk mendokumentasi semua sarana pelayanan dan fasilitas yang ada di MPP.

Paisal mengatakan, pihaknya akan membangun MPP di Kota Dumai Provinsi Riau sesuai arahan KemenpanRB. “Gedungnya sudah ada, beberapa waktu ke depan akan melakukan persiapan rehab dekorasi ruangan, sarana yang dibutuhkan dan dan menjadi ketetapan dalam layanan di MPP.”

“Sangat menginspirasi sekali, MPP Kota Banda Aceh bisa menjadi acuan bagi kami dalam proses pembangunan dan penyedia sarana, terutama di bidang teknologi informasi layanan, pengelolaan jaringan, tata kelola dan manajemen layanan yang berbeda-beda namun dapat dilayani di satu tempat didalam ruangan yang sangat luas ini,” tambahnya.

“Jika diperlukan SDM MPP Kota Banda Aceh kita kontrak khusus sementara waktu untuk membantu Kota Dumai melaksanakan percepatan pembangunan MPP,” ujarnya lagi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Banda Aceh, Muchlish SH, beserta jajaran menyambut baik kedatangan Wali Kota dan rombongan.

“Silahkan dicontoh jika ada yang baik dan dapat diterapkan nantinya di Kota Dumai. MPP Kota Banda Aceh sampai saat ini terus meningkatkan tata kelola pelayanan agar dapat menuju ke arah yang lebih baik lagi dan tentunya seperti yang diharapkan masyarakat,” ucap Kadis DPM-PTSP.

“Insyaallah kami siap membantu daerah-daerah lainnya untuk dapat membuat MPP seperti yang ada di Kota Banda Aceh,” ujarnya.

Lebih lanjut Muchlish mengatakan, MPP Kota Banda Aceh telah ditetapkan sebagai role model (panutan) untuk wilayah sumatera oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB saat ini.

“Ini juga sesuai arahan dan komitmen Wali Kota Banda Aceh, jadi kami siap melayani daerah lain untuk berbagai best practice dalam pendirian MPP,” ungkapnya.(Ah/Hz)

Sumber: Diskominfo Banda Aceh