Peringati Hari Pohon, Para Pecinta Alam Gelar Kemah Konservasi di Pantai Nipah

oleh -88 views

Banda Aceh- Hari Pohon Sedunia yang diperingati pada tanggal 21 November setiap tahunnya menjadi momentum untuk mengingatkan manusia akan pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan mahkluk hidup di muka bumi, ujar Pinte Kin Tuah, Ketua Pelaksana Kemah Konservasi 2021, yang diselenggaran di Pantai Nipah Gampong Rabo Pulo Nasi (21 s/d 22 Nopember 2021).

Kerusakan hutan dan lingkungan dewasa ini marak terjadi yang disengaja oleh manusia. Contohnya seperti pembukaan lahan untuk perkebunan tanpa izin, Industri maupun di jadikan sebagai pemukiman secara ilegal.

Masalah-masalah yang dihadapi manusia bukan hanya berdampak kepada lingkungan, tetapi juga lebih kompleks dan menyeluruh. Tujuan utama pelaksanaan Kemah Konservasi adalah membangun rasa simpati dan empati generasi muda pecinta alam dalam mendukung upaya konservasi alam di Aceh, lanjut Pinte menjelaskan.

Kegiatan seperti ini harus sering dilakukan, Ridwan, Pengelola Lokasi Wisata Pantai Nipah menyambut baik kegiatan tersebut.

Para peserta melakukan diskusi dengan menghadirkan dan mengikuti seminar yang bertajuk hutan, kehutanan dan konservasi alam, serta pemutaran film dokumenter lingkungan. Selain itu peserta juga melakukan kegiatan pembersihan pantai dan penanaman di kawasan wisata Nipah, Gampong Rabo.

Kegiatan Kemah Konservasi di ikuti sebanyak 45 orang yang terdiri dari organisasi pecinta alam, mahasiswa himpunan jurusan, dan juga individu pemerhati lingkungan. Ujar Pinte Kin Tuah.

Sebagai penggelola pantai nipah sangat berterima kasih pada Mapala STIK serta mahasiswa kehutanan dan teman – teman lain nya yang telah datang, membuat acara Kemah Konservasi Sedunia di pantai nipah dengan susah payah membersihkan pantai dan menanam pohon di sekitar pantai nipah.

  1. “Ternyata masih ada adik-adik mahasiswa yang peduli terhadap lingkungan dan kelestarian alam. pekerjaan yang mulia ini terus berlanjut sepanjang bumi masih ada” Kata Ridwan.