Tingkatkan Minat Meneliti dan Mengabdi, T-Helper GEN A Gelar Webinar

oleh -31 views

Banda Aceh – T-HELPER yang merupakan Sub Unit Generasi Edukasi Nanggroe Aceh (GEN-A) mengadakan kegiatan webinar yang bertema Publikasi Ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (17/10). Webinar dengan judul Tips dan Trik Publikasi Ilmiah diikuti oleh 133 peserta yang sebagian besar berasal dari jurusan kesehatan khususnya Pendidikan Dokter, Keperawatan dan Psikologi di Universitas Syiah Kuala.

Direktur Eksekutif GEN-A, Imam Maulana menyatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab ilmu pengetahuan kami sebagai penggerak lembaga riset, training dan pengabdian masyarakat.

Ketua panitia kegiatan Webinar, Haya Nabilah menyatakan bahwa  kegiatan ini didasari oleh kebutuhan mahasiswa dan fresh graduate untuk membuat karya ilmiah baik penelitian maupun dari pengabdian masyarakat”. Webinar ini juga bertujuan untuk mendorong mahasiswa, fresh graduate dan para peneliti muda untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan.

“Publikasi ilmiah menjadi hal penting bagi seorang akademisi yang tidak hanya sebagai prasyarat akan kelulusan namun juga sebagai media pengembangan ilmu pengetahuan,”katanya.

Ns. Suryane Sulistiana Susanti, S.Kep, MA, Ph.D—kerap disapa Ibu Lilis yang merupakan staf pengajar di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala dan staf ahli GEN-A di dalam paparannya menuturkan bahwa hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa misalnya bakti sosial dan KKN dapat dipublikasikan.

“Publikasi tersebut dapat menjadi media yang menghubungkan penulis dan pembaca dan agar masyarakat yang terlibat untuk mengetahui tujuan dan manfaat yang sebenarnya dari suatu program,” ujarnya.

Walaupun jurnal di bidang pengabdian masyarakat masih terdengar asing bagi mahasiswa, ternyata saat ini jurnal-jurnal tersebut sudah cukup berkembang. Mahasiswa dapat dengan mudah mempublikasikan kegiatan pengabdiannya ke jurnal-jurnal tertentu.

Ibu Lilis juga menampilkan 12 daftar jurnal pengabdian masyarakat (PKm) di Indonesia, jurnal pengabdian masyarakat yang terindeks DOAJ, SINTA dan SCOPUS. Terakhir, publikasi yang dilakukan oleh mahasiswa dapat menjadi nilai tambah bagi mereka yang ingin melanjutkan S2 dan atau mencari beasiswa sehingga beliau berharap kepada khususnya mahasiswa untuk aktif dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Dr. rer. med. Ns. Marthoenis, M.Sc., MPH yang merupakan staf pengajar di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala menyampaikan kiat-kiat agar hasil penelitian dapat dipublikasikan di jurnal yang bereputasi yang dimulai dari manuskrip peneliti.

“Manuskrip yang bagus berisi pesan yang jelas, bermanfaat dan disampaikan dengan cara-cara yang logis atau mengikuti kaedah penulisan ilmiah” ujar beliau.

Beliau juga menekankan bahwa pemilihan jurnal yang baik dapat diidentifikasi dari tujuan dan cakupan jurnal, pembaca jurnal tersebut, efisiensi dalam publikasi, proses peer review, bibliometrik dan inovasi konten.

Kegiatan webinar ini didukung oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (BEM FKEP USK) dan Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Syiah Kuala (HIMAPSI USK). []