DLHK3 Banda Aceh Nilai Sekolah dan Gampong Bersih

oleh -5 views
DLHK3 Banda Aceh Nilai Sekolah dan Gampong Bersih

Banda Aceh – Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh melakukan penilaian sekolah dan gampong bersih tahun 2021.

Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Banda Aceh melalui pihaknya yang berlangsung sejak tanggal 4-8 Oktober lalu.

Tim penilai kata Hamdani, terdiri dari berbagai dinas terkait seperti Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, DPMG dan Dinas Pendidikan.

Setidaknya, dalam tahun ini ada 21 sekolah yang terdiri dari tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat. Sedangkan gampong diwakili per kecamatan masing-masing.

“Sekolah yang dinilai ada sebanyak 21 sekolah yang terdiri dari tingkat SD 9 sekolah, SMP 6 sekolah dan SMA 6 sekolah,” sebutnya, Senin (18/10/2021).

Sementara itu Kabid Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Asnawi Z, ST, M.Si melalui Kasie Teknologi Pengolahan Sampah Rosdiana menyebutkan, ada beberapa kriteria indikator dan skala penilaian kebersihan sekolah dan gampong.

Untuk indikator penilaian kebersihan sekolah terdiri dari area sekolah, drainase, ruang terbuka hijau (RTH), toilet, TPS, tong sampah, kompos, bank sampah, gotong royong, retribusi sampah dan jentik nyamuk.

Sedangkan untuk indikator penilaian kebersihan gampong terdiri dari kebersihan kantor keuchik, masjid/meunasah, TPS liar, jalan, saluran/riol, TPS, wadah sampah, RTH, gotong royong, retribusi sampah, jentik nyamuk, kompos,bank sampah dan sistem pencatatan.(Ah/Hz)