Peduli Kawasan Pesisir, Literasi Visual Gelar Pelatda Pasir

oleh -865 views

Banda Aceh – Dalam rangka mendapatkan informasi yang berimbang dan menyeluruh mengenai perkembangan dan kelestarian pesisir laut Aceh, perkumpulan Literasi Visual bersama Lautsehat.id mengadakan pelatihan Dasar Jurnalistik Pemuda Pesisir (Pelatda Pasir). Kegiatan tersebut akan dilkasanakan selama dua bulan secara pararel.
Ketua Panitia kegiatan, Ruhayya Buchary, mengatakan bahwa ini merupakan aksi peduli terhadap lawasan pesisir pantai di Aceh.

“Tujuannya, pemuda pemudi yang ada di pesisir pantai baik dari keluarga nelayan, maupun masyarakat yang peduli terhadap laut kita berikan pembekalan dasar jurnalistik agar situasi di kawasan tersebut selalu mendapatkan perhatian bersama,” jelasnya.

Materi yang diajarkan meliputi 3 (tiga) bidang yaitu video reportase dasar, penulisan dasar jurnalistik , foto jurnalistik dan tenik dasar pembuatan video pendek yang masing-masing diajarkan oleh para pegiat jurnalistik.

Pelatihan ini ditujukan kepada pemuda-pemudi usia 18 sampai 27 tahun dan belum pernah mengikuti pelatihan jurnalistik. Pendaftaran dibuka mulai 11-31 Oktober secara online melalui link s.id/literasivisual

“Kita buka pendaftaran sebanyaknya, namun kita akan saring 20 orang terbaik yang nantinya kita tugaskan dibeberapa media (magang) agar ini tidak hanya sekedar menjadi pelatihan biasa, namun peserta benar-benar menjadi reporter di lapangan,” papar Ruhayya.

Adapun durasi pelatihan dilakukan selama dua bulan dimana pada bulan pertama para peserta akan di ajarkan teknik dasar jurnalistik dan bulan selanjutnya adalah pemagangan di media yang akan di pilih oleh panitia. Pada sitiap proses para peserta terpilih akan dibekali ilmu dan praktik langsung dan didampingi oleh pemateri. []