Busquets Kecam Keputusan Wasit dalam Gol Mbappe

oleh -17 views
Penyerang Prancis Kylian Mbappe (kedua kiri) saat menjebol gawang Spanyol.

Kylian Mbappe mencetak gol kemenangan Prancis 2-1.

 JAKARTA — Gelandang Spanyol Sergio Busquets mengecam keputusan yang mengesahkan gol Kylian Mbappe dalam kemenangan 2-1 Prancis atas La Roja di final UEFA Nations League pada Senin (11/10) dini hari WIB.


Tayangan ulang menunjukkan, pemain depan PSG itu jelas berada di belakang pemain terakhir dan dalam posisi offside,. Namun wasit Anthony Taylor dari Inggris menganggap bek Spanyol Eric Garcia menyentuh bola yang membuat Mbappe menjadi tidak offside.


Busquets, yang memenangkan penghargaan Man of the Match untuk penampilannya, tidak percaya dengan keputusan wasit dan sangat marah karena itu tidak dianggap offside. “Wasit memberi tahu kami bahwa Eric Garcia ingin memainkan bola dan itu mematikan offside,” kata Busquets dikutip dari Metro, Senin (11/10).


“Tapi dia ingin memainkan bola karena bola akan mencapai Mbappe yang offside! Itu tidak masuk akal,” tambahnya.


Dalam wawancara lebih lanjut dengan Cadena COPE, dia mengatakan, baginya gol kedua itu offside. Pemain belakang Spanyol telah menarik garis pertahanan dengan sangat baik, jadi ia pikir Mbappe seharusnya offside.


Garcia sendiri juga sama jengkelnya, dengan mengatakan Mbappe offside. “Wasit memberi tahu saya bahwa saya mencoba memainkan bola. Apa yang harus saya lakukan? Minggir dan biarkan dia lari? Rupanya itulah aturannya,” kata Garcia.


Mbappe cukup jelas offside saat bola dimainkan, namun upaya Garcia untuk mencegat bola – meski hanya melakukan sedikit kontak – dianggap disengaja dan karena itu menjadi babak baru permainan.


Aturan menyatakan, seorang pemain dalam posisi offside menerima bola dari lawan yang dengan sengaja memainkan bola, termasuk bola tangan yang disengaja, tidak dianggap telah memperoleh keuntungan.

Sumber: Republika